Selasa 17 Sep 2013 22:52 WIB

Presiden SBY akan Bertemu Xi Jinping Oktober

Xi Jinping.
Foto: AP Photo
Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Cina, Xi Jinping pada awal Oktober 2013.

Duta Besar RI untuk Cina merangkap Mongolia, Imron Cotan .dalam malam resepsi peringatan HUT ke-68 RI di Beijing, Selasa (17/9) malam, mengatakan, kunjungan Xi adalah kunjungan pertamanya ke Indonesia sejak dilantik pada November 2012.

"Dalam kunjungan itu, akan dibicarakan berbagai perkembangan hubungan dua negara yang semakin solid, sejak kemitraan strategis ditandatangani kedua pimpinan negara pada April 2005," katanya.

Imron mengatakan, hubungan Indonesia dan Cina dalam hampir sepuluh tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang signifikan di berbagai bidang. Ia mencontohkan dalam bidang ekonomi volume perdagangan kedua negara terus meningkat dari 26,6 miliar dolar AS pada 2009 menjadi 66,6 miliar dolar AS pada 2012.

"Cina kini menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia dan ditargetkan pada 2015 volume perdagangan kedua negara meningkat menjadi 80 miliar dolar AS," katanya.

Jumlah investasi China ke Indonesia pada 2012 tercatat 2,2 miliar dolar AS. Begitu pun jumlah turis China ke Indonesia meningkat sekitar 14 persen dari tahun ke tahun sejak 2009 yang hanya 246 ribu orang menjadi hampir satu juta pada 2012, ujarnya.

Imron mengatakan hubungan kian erat antara Indonesia dan Cina tidak saja bermanfaat bagi negara dan masyarakat kedua bangsa, tetapi juga negara serta masyarakat di kawasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement