Kamis 19 Sep 2013 03:35 WIB

Dua Kapal Perang Iran Merapat ke Pelabuhan Sudan

Kapal Iran (ilustrasi).
Foto: IST
Kapal Iran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM-- Dua kapal perang Iran merapat ke pelabuhan Sudan pada Rabu (19/9), demikian dilaporkan AFP, mengutip pernyataan juru bicara militer Sudan.

Juru bicara itu mengatakan kapal-lapal itu tiba di Pelabuhan Sudan pada Rabu larut malam untuk memuat air serta makanan. Kedatangannya bukan merupakan kunjungan "resmi", katanya.

Kantor berita semi-resmi Iran, Fars, mengatakan bahwa kedua kapal itu -- kapal induk helikopter Khark dan kapal perusak Sabalan -- membawa armada 27 Iran. Kedatanganya dalam rangka untuk "memperkuat hubungan dengan Khartoum".

Kunjungan semacam ini merupakan yang ketigakalinya dalam waktu kurang dari setahun. Kedatangan dua kapal perang pada Rabu disebut sebut makin menggarisbawahi hubungan erat antara kedua negara tersebut. Hubungan yang oleh negara-negara Arab Teluk dan Barat dipandang dengan penuh curiga.

Para analis mengatakan bahwa Sudan, yang memiliki hubungan buruk dengan negara-negara Barat, merupakan mitra jelas Iran untuk mendorong pengaruhnya di kawasan itu. Khartoum sendiri mengharapkan bantuan militer dan perdagangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement