Jumat 20 Sep 2013 16:31 WIB

Topan Usagi Ancam Filipina dan Taiwan

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Angin Topan (ilustrasi)
Foto: AP
Angin Topan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Topan Usagi mengancam Filipina dan Taiwan. Topan tersebut diperkirakan meteorologis dapat menjadi topan terkuat pada 2013. Topan bertiup 560 km timur-tenggara Taiwan dan 360 km dari utara Filipina pada Jumat (20/9) pagi.

Taiwan dan Filipina sudah menerbitkan peringatakan dan memperingatkan kapal untuk berhati-hati. Badai tropis diperkirakan melanda Cina selama akhir pekan.

Topan Usagi memiliki kecepatan angin hingga 175 km/jam. Badan cuaca pemerintah Filipina Pagasa mengatakan topan mendapatkan kekuatannya pada Jumat pagi. Otoritas Filipina mengeluarkan peringatan badai untuk banjir bandang, tanah longsor, dan badai di beberapa provinsi bagian utara. Personel Darurat dan Kesehatan di beberapa provinsi juga diminta berjaga.

Sementara itu, Biro Pusat Cuaca taiwan mengeluarkan peringatan pada Jumat pagi. Diperkirakan ada hujan lebat di wilayah utara dan timur Taiwan. Administrasi Perairan cina mengeluarkan darurat tingkat 1 sebagai respon topan yang akan datang. Itu merupakan respon tertinggi bencana perairan.

Pusat Meteorologi Nasional Cina, seperti dilansir BBC, juga menerbitkan peringatan hati-hati untuk sistem peringatan cuaca. Pada Agustus, sedikitnya dua orang tewas dan ribuan orang kehilangan rumah setelah Topan Utor menghantam utara Filipina. Topan biasa terjadi selama musim panas di beberapa bagian Asia Timur, dimana udara lembab yang hangat dan kondisi tekanan rendah memungkinkan siklon tropis terbentuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement