Ahad 22 Sep 2013 17:26 WIB

Gaji Eksekutif dan CEO di Australia Turun

Red:
Penghasilan CEO dan direktur perusahaan di Australia
Penghasilan CEO dan direktur perusahaan di Australia

CANBERRA -- Standard gaji eksekutif, direktur dan CEO di beberapa perusahaan Australia turun dibandingkan tahun lalu. Tetapi penurunan masih terbilang kecil, sehingga bisa dikatakan Australia masih memiliki standard gaji yang tinggi.

Laporan dari  Australian Council of Superannuation Investors (ACSI) menyatakan gaji rata-rata para direktur sekelas CEO di Australia bisa mencapai 4,7 juta dolar AS, atau sekitar Rp 5 milliar per tahun.

Laporan ini didapat dari hasil survei sepanjang tahun keuangan 2011 - 2012 dari 100 perusahaan terkemuka.

Jumlah rata-rata gaji ini lebih sedikit, atau turun sekitar $20.000 jika dibandingkan dengan gaji rata-rata tahun keuangan sebelumnya.

Gaji tertinggi masih diperoleh oleh para pimpinan bank.

Misalnya, gaji Direktur bank ANZ, Mike Smith mencapai 9,7 juta dolar AS. Sementara Direktur Bank Westpac, Gail Kelly, memiliki gaji hingga 9,5 juta dolar AS. "Tahun ini memang ada penurunan, tetapi sangat kecil. Artinya standar gaji di Australia masih tinggi," ujar Ann Byrne salah satu yang terlibat dalam pembuatan laporan.

Kalkulasi gaji tersebut sudah termasuk bonus dan share dari perusahaan. Jika gaji dilaporkan turun, rata-rata bonus yang didapat oleh para direktur malah meningkat lebih dari 4,8 persen.

Keadaannya justru berbeda di tahun keuangan 2011, dimana bonus yang diterima para bos-bos utama cenderung menurun.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement