Ahad 22 Sep 2013 12:24 WIB

Facebook dan Twitter Sekarang Bisa Dibuka di Iran

Facebook
Foto: AP/Ben Margot
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN -- Para pengguna internet di Iran mengatakan untuk pertama kalinya mereka dapat mengakses Facebook dan Twitter secara bebas sejak tahun 2009.

Seperti dikutip BBC, Pemerintah Iran sebelumnya memblokir situs jejaring sosial untuk membatasi protes oposisi.

Pelanggan internet mengatakan mereka dapat masuk ke situs jejaring sosial itu tanpa perangkat lunak khusus mulai Senin (16/09) lalu.

Namun pemerintah belum mengeluarkan pengumuman apapun. Salah satu kantor berita Iran, Mehr, mengutip Sekretaris Komisi Negara, Abdolsamad Khoramabadi yang mengatakan akses ke jejaring sosial itu karena kesalahan teknis. "Tidak adanya filter di Facebook semalam (Senin) karena masalah teknis dan komisi teknologi tengah menyelidiki isu ini," kata Khoramabadi.

Presiden baru Iran, Hassan Rouhani, sendiri menggunakan Twitter. Para pejabat lain, termasuk menteri luar negeri Javad Zarif, juga memiliki akun Facebook dan Twitter.

Menyusul pemilu 2009, para pengunjuk rasa banyak menggunakan jejaring sosial media untuk mengorganisasi protes.

Sejumlah orang ditahan menyusul gelombang protes itu. Presiden Rouhani berjanji untuk melonggarkan sensor namun perubahan apapun harus disepakati oleh para ulama, termasuk pimimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement