Senin 23 Sep 2013 11:09 WIB

Rusia Tuding AS Berkeras Ingin Serang Suriah

Sergei Lavrov
Foto: AP
Sergei Lavrov

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia, Ahad (22/9), menuduh Amerika Serikat mengancam akan menggagalkan upaya Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) mengenai Suriah. Ancaman AS akan dilakukan jika Moskow mencabut dukungannya bagi resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengizinkan penggunaan kekuatan.

"Itu benar-benar penyimpangan dari apa yang telah kami sepakati dengan (Menteri Luar Negeri AS) John Kerry. Kita sepakat memperoleh keputusan OPCW dulu lalu mensahkan resolusi Dewan Keaman PBB yang mendukung keputusan ini, tapi tidak dilandasi atas Pasal VII," kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, dalam wawancara dengan stasiun televisi Rusia Channel One.

Menteri itu mengatakan Damaskus secara resmi telah bergabung dengan Konvensi Senjata Kimia. Suriah siap mematuhi peraturan segera tanpa menunggu satu bulan sampai negara tersebut menjadi anggota penuh.

Pemerintah Suriah, kata Lavrov, telah mengkonfirmasi bahwa mereka siap mengungkapkan data penuh mengenai ukuran, keberadaan, jenis dan informasi senjata kimia mereka.

"Saya kira akan tak bertanggung-jawab dan tak kompeten untuk mengabaikan peluang untuk bekerja secara profesional," kata Lavrov sebagaimana dikutip Interfax seperti laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Senin.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement