Rabu 25 Sep 2013 08:08 WIB

Potret Pertama Pangeran Charles Akan dilelang

Potret Pangeran Charles
Foto: BBC
Potret Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Potret pertama Pangeran Charles yang pernah dibuat oleh seniman terkenal Cina, Yan Pei-Ming, akan dilelang untuk menggalang dana amal.

Seperti dikutip BBC, seniman kontemporer Yan Pei-Ming membuat lukisan hitam putih ukuran besar ahli waris tahta kerajaan Inggris ini sebagai upaya menggalang dana.

Potret sebatas bahu dan kepala dibuat berdasarkan serangkaian foto. Oleh karena itu Pangeran Charles tidak perlu duduk secara khusus untuk dilukis.

''Potret ini mencerminkan perasaan yang timbul saat ini," kata kata Yan Pei-Ming.

"Pangeran Charles mewakili salah satu dinasti paling besar di Eropa, dan pada waktu yang sama melalui dia, gambar, naskah dan ekspresi menjadi subjek inti lukisan," ujar seniman kelahiran Shanghai.

Karya ini diharapkan laku 300.000 poundsterling dalam lelang pada 16 Oktober mendatang. Potret akan diperlihatkan kepada publik di rumah lelang Sotheby's pada 12 Oktober, beberapa hari menjelang lelang.

Keuntungan dari lelang akan disumbangkan sama rata ke lembaga Drawing School milik Pangeran Charles dan badan amal kanker Mimi Foundation. Karya seni ini di pesan oleh kediaman resmi Pangeran Charles Clarence House dan kolektor seni Myriam Ullens. Ulllens adalah pendiri Mimi Foundation setelah ia mengalami kanker. Saat ini badan amal tersebut mengoperasikan pusat kebugaran bagi pasien di Swiss, Prancis dan Belgia.

Selain potret Pangeran Charles, rumah lelang Sotheby's juga akan melelang sejumlah karya seniman terkenal, termasuk Tracey Emin dan Antony Gormley.

Panitia lelang berharap mengumpulkan dana lebih dari 1 juta Poundsterling untuk Mimi Foundation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement