Rabu 25 Sep 2013 08:41 WIB

Mesir Akui Dibantu AS Hancurkan Terowongan Gaza

Juru bicara militer Mesir, Kolonel Ahmed Ali.
Foto: EPA/Khaled Elfiqi
Juru bicara militer Mesir, Kolonel Ahmed Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Juru bicara militer Mesir, Ahmed Ali, mengakui bahwa Amerika Serikat (AS) membantu tentara Mesir menghancurkan terowongan antara Mesir dan Jalur Gaza.

''Amerika Serikat menyediakan perangkat yang membantu kami menemukan terowongan. Perangkat ini masih kami gunakan sampai sekarang," kata Ali dalam wawancara dengan saluran televisi yang berbasis di Arab Saudi seperti dilaporkan MEMO yang dikutip Mi’raj News Agency.

Ali menegaskan kontak antara kedua belah pihak terus berlangsung setiap hari. "Hubungan antara militer Mesir dan kementerian pertahanan Amerika bersifat strategis dan historis," lanjutnya.

Ali menjelaskan alasan mengapa AS mempertahankan hubungan baik dengan Mesir. "Itu mengacu pada pentingnya peran strategis Mesir sebagai kekuatan militer terbesar di wilayah ini (Timur tengah),'' katanya.

Juru bicara militer tersebut juga menegaskan ada kerjasama antara Mesir dan Israel. "Tidak ada negara-negara tetangga pada umumnya yang bekerjasama untuk melindungi perbatasan bersama. Apa yang terjadi (di Mesir) bukan hanya ancaman bagi Mesir, tetapi untuk seluruh wilayah,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement