Rabu 25 Sep 2013 21:40 WIB

Gempa Pakistan Ciptakan Pulau Baru

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pada Selasa (24/9), setelah gempa dengan kekuatan 7,7 pada Skala Richter (SR) mengguncang Pakistan Barat, warga dikejutkan dengan munculnya satu pulau setinggi 60 kaki dari Laut Arab. Saksi mata melihat pulau bergunung itu berada 600 yard dari pantai Gwadar dan itu adalah pulau baru.

Gempa bumi itu dilaporkan dapat dirasakan di Karachi, ratusan mil jauhnya dari pusat gempa di Baluchistan, yang berbatasan dengan Iran dan Afghanistan. Sejauh ini jumlah korban jiwa di Pakistan Barat-daya terus naik jadi sedikitnya 80 pada Rabu (25/9), setelah sejumlah rumah ambruk di daerah pegunungan terpencil di dekat perbatasan dengan Iran, kata Regu Penjaga Perbatasan Pakistan.

"Lebih dari 80 mayat telah ditemukan sejauh ini dari rumah yang ambruk," kata juru bicara Korps Penjaga Perbatasan, pasukan paramiliter yang terlibat dalam operasi pertolongan korban gempa, seperti dilaporkan Reuters.

Saat petugas pertolongan berdatangan ke daerah tersebut, para ilmuwan berusaha mengungkap apa yang menyebabkan munculnya gundukan tanah baru yang berbentuk pulau. Sebenarnya bukan itu sesuatu yang langka jika gempa kuat untuk menciptakan pulau, "tapi bukan gempa semacam ini, yang mengguncang Pakistan hari ini", kata ilmuwan.

Pulau biasanya terbentuk setelah gempa kuat, seperti gempa mengerikan dengan kekuatan 9,1 yang mengakibatkan tsunami di Samudera Hindia pada 2004. "Ada sepotong kerak yang terdorong di bawah satu potong kerak lain," kata John Bellini, ahli geofisika di US Geological Survey (USGS). "Kerak itu terkunci sejenak, dan ketika gempa terjadi, kunci itu putus, dan satu bagian kerak terdorong ke atas."

Lempengan di sana agak condong, tidak tegak lurus. Lempengan, yang disebut lempeng mencong, serupa dengan lempengan San Andres di California. "Bayangkan ada dua blok kayu dan anda saling menyisipkan kayu itu," kata Bellini. Namun, mengenai bagaimana itu dapat menciptakan pulau baru, katanya, "saya tidak tahu bagaimana itu dapat terjadi".

Meskipun demikian kemunculan pulau baru tersebut dikonfirmasi oleh Zahid Rafi, ahli seismologi yang menjadi Kepala Pusat Pemantauan Seismik Nasional Pakistan, sebagaimana dilaporkan CNN. Para pejabat di sana masih menyelidiki bagaimana pulau baru mungkin telah terbentuk dan apakah itu berkaitan dengan gempa bumi itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement