Kamis 26 Sep 2013 22:11 WIB

Anak Perusahaan Danone Dituduh Suap Ratusan Dokter

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
Nutricia
Foto: nutricia.co.uk
Nutricia

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebuah unit di perusahaan asal Prancis, Danone mulai melakukan investigasi internal terkait tuduhan penyuapan terhadap dokter di Cina.

Sebuah laporan dari surat kabar Cina, 21st Century Business Herald menuduh Nutricia, pembuat susu formula Karicare menyuap dokter untuk meningkatkan penjualan. Dalam laporan yang mengutip sumber anonim, perusahaan tersebut dituduh memberi hadiah dan subsidi perjalanan kepada lebih dari 100 dokter di 14 rumah sakit di Beijing.

Kasus itu merupakan tuduhan kedua yang menyerang perusahaan milik Danone dalam beberapa pekan terakhir. "Pada saat ini kami masih belum tahu rinciannya. Kami harus menunggu untuk melihat hasil investigasi sebelum kami dapat membuat rencana selanjutnya," ungkap Zhao Qinghua, juru bicara Nutricia Cina, dilansir BBC pada Kamis (26/9).

Awal bulan ini, laporan di Central Television Cina menuduh Dumex, merk dagang untuk makanan bayi dari Danone, menyuap dokter untuk meningkatkan penjualan. Mereka dituduh memberi upah sponsor atau pembayaran hingga 10 ribu yuan kepada staf rumah sakit.

Dumex mengatakan, tuduhan itu mengejutkan. Perusahaan raksasa Prancis itu juga menghadapi masalah lain di Cina tahun ini. Danone memotong harga produk susu formula bayi sampai 20 persen setelah otoritas Cina mendenda mereka atas pengaturan harga pada Agustus lalu.

Perusahaan juga menarik produk susu formula bulan lalu setelah salah satu pemasuknya, Fonterra dikatakan sejumlah produknya terkontaminasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement