Senin 30 Sep 2013 10:20 WIB

Menlu AS Yakin Kesepakatan Nuklir Iran Segera Tercapai

John Kerry
Foto: AP
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Minggu (29/9) mengatakan kesepakatan dengan Iran bisa ditengahi dalam beberapa bulan. Itu jika Teheran membuktikan bahwa program nuklirnya tidak sedang digunakan untuk membangun senjata atom.

Dalam satu wawancara dengan program CBS "60 Minutes", Kerry mengatakan keinginan Presiden Iran Hassan Rohani untuk kesepakatan dalam tiga-enam bulan dapat dipenuhi lebih cepat jika Iran puas terhadap kondisi tertentu.

"Kita perlu memiliki kesepakatan yang baik di sini. Bagus berarti bahwa benar-benar akuntabel dan tidak ada kesalahan dalam langkah-langkah untuk memastikan ini adalah program damai,'' katanya.

"Jika ini adalah program damai, maka kita semua dan seluruh dunia dapat melihat bahwa hubungan dengan Iran dapat berubah secara dramatis menjadi lebih baik dan dapat berubah cepat," tambah Kerry.

Amerika Serikat tidak akan mempertimbangkan pencabutan sanksi terhadap Iran sampai itu jelas bahwa diverifikasi, akuntabel, dan proses transparansi benar terjadi.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement