Senin 30 Sep 2013 17:31 WIB

Banjir Landa Kamboja, 28 Tewas 70.000 Lebih Keluarga Terdampak

Warga di Kamboja mengungsi akibat banjir
Foto: AP PHOTO
Warga di Kamboja mengungsi akibat banjir

REPUBLIKA.CO.ID, Sepuluh dari 24 kota dan provinsi kerajaan sedang dilanda luapan Sungai Mekong dan banjir bandang, katanya."Ketika air masih terus meningkat, akan ada lebih banyak orang yang terkena dampak dan dievakuasi dalam beberapa hari mendatang," katanya kepada Xinhua.

Dia mengatakan kota wisata Siem Reap-Angkor juga sedang dilanda banjir bandang akibat hujan deras dalam dua hari terakhir. Hanya saja banjir tidak berlangsung lama.

Perdana Menteri Hun Sen pada Jumat memerintahkan pihak berwenang untuk memantau situasi banjir dan mempersiapkan upaya evakuasi warga yang terkena dampak demi alasan keamanan.

Ia mengatakan dampak dari sistem tekanan rendah dan badai tropis Wutip telah menyebabkan hujan deras di lembah Sungai Mekong dan Kamboja.

"Pemerintah menyarankan kementerian-kementerian dan pemerintah daerah untuk waspada tinggi dan mempersiapkan langkah-langkah penyelamatan guna mengevakuasi orang-orang demi keamanan sehingga korban jiwa dan kerusakan harta benda akibat banjir akan berkurang," katanya dalam instruksi.

Banjir biasanya melanda Kamboja antara Agustus sampai Oktober. Pada tahun 2011, negara ini dilanda banjir terburuk, menewaskan hingga 250 orang, menurut NCDM tersebut. Tahun lalu, banjir menewaskan 14 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement