Selasa 01 Oct 2013 10:27 WIB

Bolivia Taksir Helicopter Eurocopter

Helikopter Eurocopter
Foto: IST
Helikopter Eurocopter

REPUBLIKA.CO.ID, LA PAZ -- Bolivia dilaporkan tertarik membeli beberapa helikopter Superpuma dari EADS, anak perusahaan Eurocopter untuk memperkuat kemampuan operasi kontra-narkobanya.

"Bolivia bermaksud mengganti peralatan (operasi kontra-narkoba) yang telah mengalami penuaan, dengan pesawat-pesawat baru sesuai dengan kebutuhan untuk jaminan kualitas dan efisiensi," kata Dubes Michel Pinard kepada AFP.

Kepala staf kepresidenan Juan Ramon Quintana mengonfirmasi, Bolivia tertarik untuk membeli enam helikopter. Quintana mengatakan, "Jenis helikopter ini adalah yang mampu mengangkut 30 sampai 40 orang di daerah sulit, yang memberikan keuntungan taktis penting."

Ia mengatakan Bolivia perlu mengganti armada yang ada buatan AS, Hueys dengan model-model baru yang dapat beroperasi di ketinggian. Presiden Evo Morales menunjuk Superpuma, yang dibangun konsorsium Eropa, dengan Presiden Prancis, Francois Hollande ketika mereka bertemu pekan lalu di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Setelah pertemuan tersebut, Morales mengatakan pemerintahnya menginginkan enam helikopter. Biaya pembuatan Superpuma sedang diperiksa, tetapi Pinard mengatakan Prancis akan dapat memberikan dengan kredit kepada La Paz.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement