Selasa 01 Oct 2013 17:00 WIB

Presiden Iran Hassan Rohani Naik Haji

Hasan Rohani
Foto: EPA/Abedin Taherkenarh
Hasan Rohani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, mengatakan Presiden Iran, Hassan Rohani, dijadwalkan akan melaksanakan haji tahun ini.

''Presiden Rohani dapat melaksanakan ibadah haji di kota suci Islam, Mekkah, pada tahun ini,'' kata Hossein Amir seperti laporan Tasnimnews yang dikutip Mi'raj News Agency.

Hossein Amir mengatakan Iran dan Arab Saudi adalah dua negara yang berperan penting di Timur Tengah. Kerjasama dalam berbagai bidang sangat mungkin dilakukan untuk menyelesaikan sengketa regional dan bahkan permasalahan dunia Islam.

Sementara, Rohani sebelumnya memuji Arab Saudi dan menganggap sebagai teman dekat dari negaranya. Ia juga menyatakan kesediaannya untuk berdialog memecahkan ketegangan yang terjadi melalui dialog bilateral agar efektif dan maksimal menemukan solusinya.

"Masalah ini (kerjasama bilateral) telah disampaikan dalam bentuk surat ucapan selamat dari Raja Arab Saudi untuk saya dan saya pun telah membalas surat tersebut," kata Rohani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement