Jumat 04 Oct 2013 03:11 WIB

Petugas Konstruksi London Temukan Tengkorak dari Zaman Romawi

Tengkorak manusia (ilustrasi)
Foto: 123rf.com
Tengkorak manusia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para pekerja konstruksi yang menggali terowongan jalur baru kereta api di bawah pusat Kota London, Rabu (2/10), mengatakan mereka telah menemukan sekitar 20 tengkorak Romawi yang merupakan penemuan arkeologi terbaru oleh para pekerja proyek itu.

Arkeolog mengatakan mungkin saja tengkorak itu, yang ditemukan di sepanjang anak Sungai Thames, Sungai Walbrook, berasal dari masa pemberontakan Ratu Boudicca yang memimpin perlawanan terhadap pendudukan Romawi di Inggris pada abad ke-1.

"Ini bukan pertama kalinya tengkorak seperti itu telah ditemukan di bantaran Sungai Walbrook dan banyak sejarawan pada masa lalu menilai bahwa orang-orang ini tewas selama pemberontakan Boudicca terhadap Roma," kata pemimpin arkeolog Jay Carver, seperti dilansir Reuters, Kamis (3/10).

"Kami sekarang berpikir tengkorak itu mungkin berasal dari lokasi yang dikenal sebagai tempat pemakaman Bangsa Romawi sekitar 50 meter di atas sungai dari lokasi pembangunan stasiun itu di Liverpool Street," lanjutnya.

Para penggali terowongan menemukan tengkorak-tengkorak itu bersama dengan tembikar Romawi di bawah tanah pemakaman Bedlam, yang dibangun pada abad 16, lokasi tempat 3.000 kerangka akan dipindahkan tahun depan selama proses penggalian untuk proyek Crossrail senilai 16 - miliar pound (24 miliar dolar), yang merupakan proyek infrastruktur terbesar di Eropa.

Pada bulan Maret, arkeolog mengatakan mereka telah menemukan sebuah kuburan yang mungkin menampung sisa jenazah 50 ribu orang yang tewas akibat wabah "Black Death" lebih dari 650 tahun yang lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement