Senin 07 Oct 2013 21:23 WIB

Cina: Sengketa Teritori tak Pantas Dibahas di APEC

Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan
Foto: chinasmack.com
Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Amerika Serikat, Jepang, dan Australia mengadakam pertemuan di tengah-tengah  konferensi tingkat tinggi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Bali.

Dalam sebuah pernyataan bersama, Amerika Serikat, Jepang dan Australia, Ahad (6/10) mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan "tindakan kekerasan dan sepihak" yang dapat mengubah keadaan status quo di Laut China Selatan.

Selain itu, tiga negara juga mendesak pihak-pihak yang mengklaim wilayah tertentu di Laut China Selatan untuk menahan diri dari tindakan yang dapat mendestabilisasi wilayah.

Secara terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri China yang lain, Qin Gang, menyuarakan keberatan ketika Menteri Luar Negeri Jepang Kishida hendak membicarakan persoalan keamanan maritim dalam pertemuan antarmenteri luar negeri. Qin mengatakan bahwa persoalan politik yang sensitif tidak tepat untuk dibicarakan di APEC.

"Tidak ada persoalan mendasar mengenai kebebasan dan keamanan navigasi di wilayah kami untuk waktu yang lama," kata Qin dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Ahad malam.

"Mempermainkan persoalan keamanan maritim hanya akan menghalangi usaha nyata untuk kebebasan dan keamanan pelayaran."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement