Selasa 08 Oct 2013 19:58 WIB

266 Juta Warga Cina Idap Tekanan Darah Tinggi

Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi
Foto: Blogspot
Penderita Hipertensi (darah tinggi) sedang diperiksa tekanan darahnya, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Satu dari lima orang dewasa di Cina menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Data itu disampaikan seorang pejabat di lembaga nasional pengawasan penyakit pada Selasa.

Sebanyak 266 juta orang Cina menderita hipertensi. Fakta mencemaskannya 24 persen warga dalam kelompok itu dimulai dari usia 15 tahun ke atas, kata Shi Xiaoming, Kepala Divisi Penyakit Kronis di Pusat Pencegahan dan Pengawasan Penyakit China.

Sebanyak 40 persen pasien tidak menyadari mereka menderita tekanan darah tinggi. Hanya sebanyak 25 persen pasien menjalani pengobatan, kata Shi, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Sebanyak 15 persen remaja dan 30 persen remaja gemuk memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada tingkat yang diharapkan, tapi masih dalam kategori sehat, kata Shi pada Selasa, Hari Hipertensi Nasional Cina.

Tekanan darah tinggi adalah resiko utama sakit jantung, serangan jantung, stroke dan penyakit lain pembuluh darah. Penyakit pembuluh darah telah menjadi masalah kesehatan serius masyarakat di Cina, kata Shi.

Peningkatan peristiwa hipertensi telah disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan pola makan. Pencegahan kondisi itu bukan hanya memerlukan pengobatan tapi juga kesadaran rakyat, katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement