Rabu 09 Oct 2013 14:27 WIB

Pabrik Garmen Bangladesh Terbakar, 9 Orang Tewas

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Kebakaran terjadi di pabrik garmen di Gazipur, Bangladesh
Foto: Al-Jazeera
Kebakaran terjadi di pabrik garmen di Gazipur, Bangladesh

REPUBLIKA.CO.ID, GAZIPUR -- Sedikitnya sembilan orang tewas dalam kebakaran di sebuah pabrik garmen di kota Gazipur, Bangladesh, 40 km utara ibukota Dhaka. Dalam laporan Al-Jazeera, Rabu (9/10), mereka yang tewas di pabrik garmen Aswad termasuk general manager, Rashiduzzaman Mandal. 

Petugas pemadam kebakaran, Zafar Ahmed mengatakan kebakaran berhasil dipadamkan Rabu pagi setelah 10 jam. Kepala Polisi setempat Amir Hossain mengatakan sebagian besar korban mengalami luka bakar serius sampai tidak bisa diidentifikasi.

Direktur Pabrik Emdad Hossain mengatakan 170 buruh berada di dalam pabrik saat kebakaran mulai terjadi dan sebagian besar berhasil melarikan diri. Hossain sendiri menderita luka ringin.

Fadhaduzzaman, otoritas petugas kebakaran, mengatakan, api menyebar ke dua gedung yang dimiliki pabrik garmen lain Palmal Group. Serangkaian insiden mematikan kerap terjadi di pabrik Bangladesh. 

Hal itu termasuk gedung ambruk pada April lalu yang menewaskan lebih dari 1.100 orang. Insiden itu menimbulkan keprihatinan global pada standar keselamatan di negara Asia Selatan yang memiliki 20 miliar dolar AS industri garmen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement