Jumat 11 Oct 2013 14:43 WIB

Cina Siap-Siap Hadapi Topan Nari

Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Siaga kuning telah dikeluarkan sebelum kedatangan Topan Nari, kata Pusat Ramalan Lingkungan Hidup Kelautan Nasional Cina pada Jumat (11/10).

Nari, yang akan menjadi topan ke-25 yang menerpa Cina tahun ini, diperkirakan memasuki beberapa bagian timur dan tengah Laut China Selatan pada Sabtu siang, kata pusat tersebut.

Mulai Jumat siang sampai Sabtu tengah hari, akan terjadi gelombang setinggi enam meter di bagian timur Laut Cina Selatan. Gelombang setinggi tiga meter diperkirakan tercipta di bagian selatan Laut Cina Timur, Selat Taiwan dan bagian timur-laut Laut Cina Selatan.

Pusat itu mengatakan Pulau Huangyan, di wilayah timur-tengah Laut Cina Selatan, seperti dilaporkan Xinhua, akan sangat terpengaruh oleh topan tersebut. Pusat tersebut memperingatkan kapal Penjaga Pantai Cina yang berpatroli di perairan di sekitar pulau itu agar berhati-hati.

Pusat tersebut juga memperingatkan kapal penangkap ikan agar tidak berlayar dalam kondisi cuaca ekstrem di Laut Cina Selatan dan Teluk Beibuwan di lepas pantai Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang di Cina Selatan. Cina memiliki sistem peringatan cuaca empat-tingkat dengan kode warna; merah merupakan peringatan cuaca sangat berbahaya, lalu diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement