Selasa 15 Oct 2013 16:00 WIB

Bill Shorten Terpilih Jadi Pemimpin Partai Buruh Australia

Red:
Bill Shorten
Bill Shorten

CANBERRA -- Bill Shorten terpilih mempimpin Partai Buruh Australia. Ia menumbangkan Anthony Albanese dalam pemilihan yang ketat dan menyarakan ibu mertuanya, Gubernur Jenderal Quentin Bryce, agar mengundurkan diri supaya “menghindari persepsi KKN.”

Shorten memenangkan pemilihan  setelah mendapat 52 persen suara gabungan kaukus dari beragam tingkatan anggota yang bisa memberikan suara dalam pemilihan pemimpin partai untuk pertama kalinya.

Mantan ketua serikat pekerja ini menikah dengan anak Gubernur Jenderal, Chloe, dan menyebut istrinya itu dalam konferensi pers pertama sebagai Pemimpin Partai Buruh sebagai “Istri yang hebat.”

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, mengungkapkan Gubernur Jenderal Bryce mengajukan pengunduran diri dalam pernyataan yang dirilis tak lama setelah Shorten mengumumkan posisisnya kini sebagai Pemimpin Oposisi .

Namun Abbott mengatakan telah menolak usulan itu “karena fakta bahwa (Quentin Bryce) akan pension pada Maret tahun depan dan bahwa Pemerintah memerintahkan DPR dengan margin yang signifikan.”

“Saya percaya ini hanya soal kelayakan dan kepantasan agar ia diizinkan untuk menyelesaikan masa jabatannya dan akan diberikan waktu perpisahan pantas sesuai dengan masa baktinya yang patut dicontoh,” jelas Abbott.

Sebagai pewakilan Ratu, Gubernur Jenderal mempunyai kewenangan dalam pandangan akhirnya atas  undang-undang dan bertanggung jawab untuk membubarkan parlemen saat pemilu.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement