Selasa 15 Oct 2013 09:37 WIB

64 Persen Siswa SMA Jepang Tidak Percaya Diri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seragam rok pendek sudah lama digunakan di sekolah-sekolah Jepang.
Foto: www.bbc.co.uk
Seragam rok pendek sudah lama digunakan di sekolah-sekolah Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Departemen Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang menerbitkan sebuah survei yang menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa-siswa tingkat SMA di Jepang.

Hasil survei ini menunjukkan, hanya 36 persen siswa SMA di Jepang yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, sedangkan 64 persennya terbilang rendah alias tidak percaya diri.

Laporan yang aslinya diterbitkan pada 10 Agustus lalu itu membandingkan sikap dan kesejahteraan siswa SMA di Jepang, Amerika, Cina, dan Korea Selatan secara emosional. Hasilnya didasarkan pada data yang dikumpulkan selama tiga tahun terakhir.

Dilansir dari RocketNews24, Selasa (15/10), ukuran sampel bervariasi untuk setiap studi, rata-rata sekitar 1.000-1.200 siswa SMA dari masing-masing empat negara. Waktu surveinya berlangsung 2009-2011. 

Di sisi lain, sebanyak 80.4 persen siswa SMA di Jepang menyatakan mereka menikmati kehidupan mereka di sekolah. Berikutnya di susul dengan Amerika (77,4 persen), Cina (77,5 persen), dan Korea (75,4 persen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement