Rabu 16 Oct 2013 08:17 WIB

Wedhus Gembel, Kolaborasi Seniman Australia dan Indonesia

Red:
Pegelaran Wedhus Gembel
Pegelaran Wedhus Gembel

Pagelaran teater Wedhus Gembel menunjukkan bahwa dua kultur yang berbeda ternyata bisa digabungkan menjadi satu pertunjukan yang unik.

Snuff Puppets adalah yayasan seni di Australia yang memfokuskan pada seni wayang orang. Tidak seperti wayang orang di Indonesia, Snuff Puppets menggunakan kostum boneka yang terlihat modern.

Kali ini Snuff Puppets berkolaborasi dengan sejumlah seniman di Yogjakarta. Mereka menggelar pertunjukan cerita rakyat dari Jawa, Wedhus Gembel.

Ini bukanlah yang pertama kalinya Snuff Puppets berkolaborasi dengan seniman Indonesia. Sejak tahun 2006, Snuff Puppets telah berkerja sama dengan komunitas seniman di Yogjakarta.

Tentunya ada sejumlah tantangan yang dihadapi saat melakukan kolaborasi dengan dua kultur yang berbeda. Namun, tantangan tersebut bukanlah sesuatu yang sulit.

Bagi seniman Indonesia yang terlibat tentunya kolaborasi teatrikal ini menjadi pengalaman tersendiri untuk tampil di hadapan publik Australia.

Saat Wedhus Gembel di gelar di lapangan Federation Square, Melbourne, warga memberikan sambutan yang luar biasa. Bahkan banyak anak-anak yang terlihat terhibur melihat jalan cerita Wedhus Gembel.

Simak serunya pagelaran Wedhus Gembel melalui liputan video berikut.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement