Rabu 16 Oct 2013 22:00 WIB

Mantan Jaksa Agung Sebut Kevin Rudd Bajingan

Red:
Nicola Roxon
Nicola Roxon

CANBERRA -- Mantan jaksa agung Nicola Roxon mengkritik mantan Pedana Menteri Australia dan pimpinan Partai Buruh Kevin Rudd serta menggambarkannya sebagai " bajingan" serta menyerukan Rudd segera mundur dari Parlemen.

Roxon mengkritik masa kekuasaan Partai Buruh di pemerintahan selama enam tahun saat menghadiri John Button Memorial Lecture di Melbourne malam ini, Rabu (16/10).

Para pensiunan politisi Partai Buruh sangat kritis terhadap gaya kepemimpinan Rudd dan menyatakan kalau dia  menunjukkan pesan membiarkan kabinet membuat strategis besar dan berfokus pada hal-hal kecil untuk menghindari "keputusan sulit.” Roxon menyampaikan isu-isu komunikasi besar-besaran di kabinet Partai Buruh dan mengingat kalau dia dan sejumlah menteri lainnya harus bersikeras membawa diskusi penting untuk diajukan. ''Ada beberapa isu-isu dan masalah kebijakan yang berbulan-bulan dibahas. Dalam beberapa hal bahkan bertahun tahun tanpa ada upaya untuk membawa isu-isu tersebut diseriusi," kata Roxon.

Dia bercerita kalau isu kesehatan dan perubahan iklim adalah dua hal yang tidak dibahas pada semester pertama pemerintahan, dengan beberapa kebijakan kontroversial lain yang mendapatkan persetujuan kabinet hanya pada menit terakhir.

Roxon menilai saat kaukus Partai Buruh membuat keputusan yang tepat menyingkirkan Rudd sebagai pemimpin, dia berkata "Kami ceroboh dan tidak berpikir panjang dalam cara kita melakukannya."Menyingkirkan Kevin adalah tindakan kebejatan politik, pasti, tapi tindakan kebejatan politik ini dimungkinkan hanya karena Kevin telah menjadi bajingan buat banyak orang,” tudingnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement