Jumat 18 Oct 2013 14:00 WIB

Gerilyawan Maois Tewaskan Tiga Polisi India

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Gerilyawan Maois membunuh tiga polisi di sebuah daerah terpencil di India barat, Kamis, dalam insiden yang menandai serangan terakhir kelompok yang berusaha menggulingkan pemerintah itu.

Serangan terjadi di sebuah daerah perbukitan dan terbelakang yang merupakan pangkalan gerilyawan tersebut di negara bagian Maharashtra di India barat.

"Satu rombongan kepolisian yang merupakan bagian dari kelompok tindakan khusus diserang oleh gerilyawan Maois di wilayah Gadchiroli," kata direktur jendral kepolisian Maharashtra, Sanjeev Dayal, kepada AFP. "Tiga polisi tewas."

''Para polisi itu sedang dalam operasi penyisiran di sebuah daerah hutan ketika gerilyawan tersebut meledakkan ranjau dan terjadi tembak-menembak,'' kata seorang perwira senior di ruang pengawasan kepolisian Gadchiroli.

Kekerasan sering terjadi di daerah yang disebut 'Koridor Merah' yang dibentuk oleh Maois India, yang terletak di kawasan timur dan tengah.

Kelompok yang dulu disebut-sebut sebagai 'sampah masyarakat' itu berkembang menjadi sebuah kekuatan gerilya yang digambarkan Perdana Menteri Manmohan Singh sebagai ancaman keamanan dalam negeri paling serius di India.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement