Jumat 18 Oct 2013 15:48 WIB

Kebakaran Hutan Hanguskan 100 Rumah di Australia

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Kebakaran hutan di Australia (ilustrasi)
Foto: webecosist.com
Kebakaran hutan di Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Otoritas Australia mengatakan 100 rumah ikut terbakar di New South Wales dalam kebakaran hutan. Satu orang dilaporkan tewas dan ratusan orang lainnya terpaksa dievakuasi.

Temperatur panas dan angin kencang membuat kebakaran makin parah dan mengancam kota di sekitarnya termasuk Sydney. Juru bicara layanan pemadam kebakaran, Natalie Sanders, mengatakan jumlah kebakaran turun dari 100 menjadi 94 dan membakar lahan 500 km persegi. Namun, 28 kebakaran masih sulit dikendalikan.

Wakil komisioner Pemadam Kebakaran, Rob Rogers, mengatakan pemadam kebakaran antarnegara bagian dalam perjalanan untuk memadamkan api termasuk satu kebakaran di kota Lithgow. "Saya tahu beberapa informasi. Sebanyak 40 rumah terbakar," ujarnya dikutip Al-Jazeera, Jumat (18/10).

Seorang pria dilaporkan tewas karena serangan jantung saat dia berusaha memadamkan api di rumahnya di lake Munmorah, utara Sydney. Dua pemadam kebakaran dilarikan ke rumah sakit karena terluka, dan salah satunya harus dioperasi.

Kebakaran hutan biasa terjadi di Australia saat bulan-bulan hangat. Pada Februari 2009, kebakaran lahan di Victoria menewaskan 173 orang dan merusak lebih dari 2.000 rumah serta membuat kerugian 2,2 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement