Senin 21 Oct 2013 14:00 WIB

Kebakaran Lahan di Australia Diramalkan Meluas

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
kebakaran
Foto: sahabatalaqhsa
kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Kebakaran lahan di New South Wales (NSW), Australia diperkirakan meluas. Tiga kebakaran di dekat Lithgow dinilai berisiko menjadi satu kebakaran besar.

Wilayah NSW mengalami kebakaran hebat setelah suhu panas melanda selama September. Pemerintah setempat mengeluarkan status darurat. Otoritas mengatakan, kondisinya semakin buruk pekan ini.

Komisioner Layanan Pemadam Kebakaran NSW, Shane Fitzsimmons mengatakan kebakaran di Lithgow berisiko bersatu dengan kebakaran di Mount Victoria.

"Pemodelan menunjukkan setiap kemungkinan dengan kondisi perkiraan cuaca di dua kebakaran...ada kemungkinan kedua kebakaran akan bergabung," ujarnya dikutip BBC, Senin (21/10).

Dkenario terburuknya, kata Shane, kebakaran bisa bergabung dengan kebakaran ketiga di Springwood. "Dengan suksesnya usaha pemadaman kebakaran, mari berharap itu tidak meluas seluas itu," ujarnya.

Wilayah NSW mendeklarasikan status darurat pada Ahad kemarin yang memberikan mandat evakuasi, pemotongan pasokan gas dan listrik jika dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement