Senin 21 Oct 2013 19:29 WIB

Badai Akibatkan Fukushima Bocor Lagi

Reaktor Nuklir di Fukushima, Jepang
Foto: AP
Reaktor Nuklir di Fukushima, Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, FUKUSHIMA -- Hujan deras di dekat pembangkit tenaga nuklir Fukushima menyebabkan kebocoran air radioaktif yang mengandung isotop dan dapat menyebabkan kanker.

Bocoran air itu diperkirakan akan mengalir ke laut, kata seorang opertor PLTN itu dilansir AFP, saat sebuah topan mendekati Jepang yang dapat menyebabkan hujan berkepanjangan.

Ini menjadi kemunduran terbaru yang dapat mengancam kesepakatan antara operator PLTN Tokyo Electric Power (Tepco) dan pemerintah, yang membatasi tingkat kontaminasi radioaktif dalam air yang terjadi di luar pabrik.

Tepco mengatakan, penghalang yang dibangun secara khusus untuk menampung limpahan radioaktif mengalami kebocoran di sebuah titik oleh air yang terkontaminasi dengan strontium-90 pada 70 kali batas kewajaran pembuangan yang aman.

Strontium-90 dihasilkan selama reaksi nuklir terjadi. Bila terkontaminasi, zat ini akan terakumulasi dalam tulang manusia dan tetap terasa selama bertahun-tahun. Zat ini juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker pada manusia.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement