Selasa 22 Oct 2013 11:12 WIB

Mantap, Pengusaha Indonesia Sumbang 65 juta Dolar AS ke Global Fund

Red:
Dato Sri Dr Tahir
Dato Sri Dr Tahir

JAKARTA -- Pendiri Kelompok Bisnis Mayapada Group asal Indonesia, Dato Sri Dr Tahir menyumbang donasi sebesar 65 juta dollar AS atau setara 650 miliar rupiah bagi upaya pemberantasan penyakit AIDS, TBC dan malaria yang dikelola lembaga keuangan The Global Fund.  Ia tercatat sebagai donatur individu terbesar dari negara berkembang yang pernah menyumbang organisasi itu.

Sejumlah lembaga memperkirakan Dr Tahir memiliki kekayaan senilai 2 miliar dolar. Jumlah sumbangan ke The Global Fund ini tergolong sangat besar, apalagi dari individu pengusaha dari negara berkembang seperti Indonesia.

Yayasan Bill dan Melinda Gates misalnya menyumbang sebesar 130 juta dollar untuk organisasi yang ditujukan memberantas penyakit-penyakit penular besar di seluruh dunia.

Menurut catatan Mayapada Group, Dr Tahir memulai usahanya sejak awal 1980an di berbagai sektor termasuk perbankan, tekstil dan industri otomotif. Sejak dua dekade terakhir, Dr Tahir mengkonsolidasikan usahanya ke dalam konsorsium bisnis yang dikenal sebagai Mayapada Group.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement