Rabu 23 Oct 2013 07:39 WIB

Azerbaijan Swasembada Semen tahun 2015

Azerbaijan
Foto: Google
Azerbaijan

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Azerbaijan bertekad mencapai swasembada semen tahun 2015, kata Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi negara itu, Niyazi Safarov, saat menjadi pembicara di Forum Semen Euroasia II di Baku.

"Modernisasi sistem produksi oleh perusahaan Holcim (Garadagh Cement Plant), pengoperasian pembangkit listrik Accord and Norm dalam kapasitas penuh, akan membuat Azerbaijan dapat meningkatkan kemandirian produksi semen dari 44 persen tahun 2012 menjadi 100 persen tahun 2015," katanya dilansir Trend, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan, dalam sepuluh tahun belakangan, produksi bahan bangunan meningkat 2,5 kali dibandingkan peningkatan tiga kali lipat dari total produksi dalam negeri.

Produksi semen meningkat 2,3 kali, konsentrat jadi 11 kali, asphalt - empat kali, batu bata - lebih dari empat kali. Jumlah perusahaan yang memproduksi bahan bangunan juga meningkat 11,7 persen. Sementara itu, keterlibatan swasta di sektor ini meningkat 94 persen.

Menurut Direktur Badan Investasi Azerbaijan (AZPROMO), Rufat Mammadov, tahun 2012, investasi di ibukota, Baku, mencapai 25 miliar manat, 7 miliar manat berputar di sektor konstruksi.

"Ini menunjukkan adanya permintaan yang tinggi atas bahan bangunan, yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan dan perbaikan kualitas produk," katanya. 

sumber : Trend
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement