Jumat 25 Oct 2013 08:07 WIB

Inilah Cara Hadapi Kebakaran Hutan di Australia

Red:
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

PERTH -- Daerah Blue Mountains di New South Wales tengah dilanda kebakaran hutan. Para petugas kebakaran pun berusaha menjinakkan api dengan berbagai cara. ABC berbincang dengan Komandan Dinas Pemadam Kebakaran Canberra, Andrew Stark, tentang cara apa saja yang digunakan para pemadam kebakaran tersebut.

Bagaimana cara para pemadam kebakaran menghadapi kebakaran hutan?

Api terjadi karena tiga elemen inti: bahan bakar, oksigen yang memungkinkan terjadinya proses pembakaran, dan suhu panas.

Dalam kebakaran biasa, kita bisa menyiram dengan air atau menutupi api dengan selimut hingga tidak ada oksigen. Tapi untuk kebakaran hutan sulit menghilangkan oksigen, karena kebakaran tersebut terjadi di ruang terbuka.

Selain itu, sulit juga untuk menghilangkan panas.

Jadi, yang utama dalam melawan kebakaran hutan adalah menghilangkan bahan bakar. Di sinilah kita perlu membuat daerah bebas bahan bakar dengan mesin bulldozer atau perata jalan.

Dengan begitu, api yang menjalar di hutan akan sampai ke pada daerah di mana tidak ada bahan bakar dalam bentuk jalan atau daerah buatan.

Seberapa lebar harusnya jalur pengendali api?

Tergantung jenis hutan yang terbakar. Untuk kebakaran yang melanda padang rumput, bisa digunakan jalur yang sempit saja, namun untuk hutan pohon eucalyptus, api menjalar lebih cepat di kanopi dibanding di bawah.

Tentu saja kemudian daun-daun pun gugur dan bara pun berterbangan. Ini yang kita sebut spotting. Spotting bisa mencapai beratus-ratus meter.

Jadi, jalur bebas api harus cukup lebar untuk menghentikan lidah api dan juga menghentikan bara dan percikan api.

Bagaimana cara para pemadam kebakaran menggunakan air dalam truk mereka?

Air itu untuk mendinginkan api, bila apinya kecil, atau bila ada tempat aman bagi para pemadam kebakaran hingga bisa menggunakan selang. Namun, untuk kebakaran besar, intinya adalah menghilangkan bahan bakar.

Seberapa banyak hujan yang diperlukan untuk memadamkan kebakaran hutan besar?

Lebih dari 15 hingga 20 milimeter sekaligus diperlukan untuk menghentikan kebakaran sebesar yang terjadi di Blue Mountains.

Bila hujannya kurang dari 10 milimeter tidak akan berpengaruh.

Apa saja dampak bentuk permukaan lahan terhadap kebakaran?

Makin tinggi ke atas permukaan yang menanjak, makin cepat api menjalar. Setiap 10 derajat ke atas, api akan dua kali lebih cepat, dan sebaliknya.

Bagaimana cara mengukur kecepatan api?

Kecepatan api ada hubungannya dengan indeks bahaya api, yang terdiri atas faktor keringnya hutan, suhu saat itu, kelembaban, dan kecepatan angin.

Setelah kebakaran dikendalikan, berapa lama lagi para pemadam kebakaran harus memonitor daerah yang terbakar?

Setidaknya satu bulan, atau sampai ada curah hujan yang cukup besar saat pengawasan dilakukan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement