Kamis 24 Oct 2013 17:05 WIB

Padamkan Kebakaran Via Bom Air, Pilot Australia Tewas

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Kebakaran hutan
Foto: blogspot
Kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pesawat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran lahan di New South Wales mengalami kecelakaan dan menewaskan pilot di dalamnya. Pada Kamis (24/10) pagi, pesawat dengan bom air jatuh di selatan Sydney, Ulladulla.

Otoritas belum merilis identitas pilot yang sendirian di dalam pesawat tersebut. Namun, keluarganya mengkonfirmasi kematian pilot. Ribuan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di New South Wales (NSW).

Menurut otoritas, kebakaran sangat berbahaya karena kondisi cuaca yang mengancam kebakaran bertambah buruk. Pada Kamis ini, cuaca dingin terjadi di NSW. Akan tetapi, masih ada lebih dari 60 titik kebakaran.

Wilayah Blue Mountains mendapat dampak terburuk dalam kebakaran di mana 200 rumah dilaporkan rusak serta sejumlah orang harus dievakuasi. Sementara itu, ada kecurigaan pemicu kebakaran di NSW adalah latihan rutin militer yang menggunakan senjata ledak.

Wali Kota Blue Mountains, Mark Greenhill mengatakan militer seharusnya tahu hal yang lebih baik. "Saya akan tahu jika hari kering, hari panas, dengan angin, militer Australia akan tahu ini bukan waktu yang baik untuk memicu kebakaran," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement