Sabtu 26 Oct 2013 11:37 WIB

Tsunami Kecil Hantam Jepang Timur Usai Gempa

Rep: Nur Aini/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tsunami kecil yang dipicu gempa menghantam perairan timur Jepang. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan.

Ombak setinggi 30 cm mencapai wilayah timur setelah gempa 7,1 SR mengguncang dari kedalaman 10 km, sekitar 320 dari pantai pada Sabtu (26/10) waktu setempat. Guncangan sempat dirasakan di Tokyo yang berjarak 480 kilometer dari pusat gempa.

Seperti dilaporkan BBC, pekerja di pembangkit listrik Fukushima telah diminta menjauh dari pantai ke tempat yang lebih tinggi. Namun, juru bicara Fukushima melaporkan mengatakan tidak ada kerusakan atau perubahan dalam pengawasan radiasi di pembangkit.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan tsunami kecil sampai satu meter dapat mencapai perairan timur setelah gempa di Samudera Pasifik.

Lembaga itu juga menerbitkan peringatan untuk Fukushima dan perfektur Iwate, Miyagi, Ibaraki, dan sebagian Chiba. Namun, mereka mengatakan diperkirakan tidak ada kerusakan akibat tsunami.

Gempa dilaporkan terjadi pada 02.10, Sabtu waktu setempat. Peringatan tsunami diterbitkan di beberapa wilayah tapi dicabut dua jam kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement