Ahad 27 Oct 2013 18:01 WIB

Ingin Kalahkan AKP di Istanbul, CHP Undang Tokoh Populer

Masjid Haga Sophia, Istanbul, Turki. Foto: Daniel Wawengkang/ Republika
Foto: Daniel Wawengkang/ Republika
Masjid Haga Sophia, Istanbul, Turki. Foto: Daniel Wawengkang/ Republika

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pimpinan partai oposisi terbesar Turki Kemal Kılıçdaroğlu secara resmi mengundang organisasi yang dipimpin Walikota Şişli Mustafa Sarıgül, The Turkey Movement for Change (TDH) untuk bergabung dengan Partai Rakyat Republik (CHP) demi menghadapi Pemilihan Umum lokal mendatang.

"Saya mengundang TDH beserta seluruh anggotanya untuk bersatu bersama CHP. Kita tidak ada gunanya terpisah," katanya dalam sebuah pidato di pertemuan Women Entrepreneurs Association of Turkey (KAGİDER).

Sarıgül yang dulu merupakan anggota CHP diperkirakan oleh banyak pihak sebagai satu-satunya politisi yang mampu mengalahkan kekuatan partai The Justice and Development party (AKP) dalam Pilkada Istanbul yang akan datang.

Tokoh yang populer di kalangan pengusaha ini pernah mengatakan siap menunggu undangan resmi dari CHP tanpa menyebutkan niatnya akan maju sebagai calon walikota Istanbul.

"Jika kita ingin membentuk peradaban yang moderen, kita harus mengakhiri perpecahan dan untuk membentu partai A, partai B, atau gerakan B," kata Kılıçdaroğlu.

Dalam berbagai survey, jarak antara petahanan AKP Kadir Topbaş dengan Sarıgül mulai menyempit hingga empat poin.

Akan tetapi, masih ada teka-teki siapa yang akan dimajukan oleh AKP. Muncul berita, partai penguasa Turki ini akan memajukan Menteri urusan Uni Eropa Egemen Bağış dibandingkan Topbaş. Namun Bağış membantah berita itu.

sumber : Hurriyet Daily News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement