Senin 28 Oct 2013 09:08 WIB

Solusi Konflik Suriah Menurut Presiden Iran

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Hasan Rouhani
Foto: AP/Ebrahim Noroozi
Hasan Rouhani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Hassan Rouhani menilai solusi bagi krisis Suriah adalah mengusir kelompok teroris dari negara itu. 

"Iran percaya, dengan terus masuknya bantuan kemanusiaan, maka mencegah masuk dan mengusir kelompok teroris dari Suriah dan menghancurkan senjata kimia sepenuhnya akan menjadi langkah pertama yang penting untuk mencapai perdamaian yang stabil di Suriah," ujar Rouhani dilansir Al-Arabiya edisi Ahad (27/10). 

Rezim Assad menyebut penyerangnya sebagai kelompok teroris yang mendapat perintah dari negara asing. Rouhani mengatakan hambatan utama untuk penyelesaian krisis Suriah adalah kurangnya konsensus di antara pemain regional dan internasional. 

"Masalah pertama adalah perpecahan di antara oposisi Suriah, kehadiran kelompok teroris antara mereka..dan kurangnya konsensus di antara negara tetangga Suriah dan negara besar dunia," ungkapnya. 

Namun, dia mengatakan, Iran siap memainkan peran positif dalam mencapai stabilitas di Suriah. Iran akan ikut dalam konferensi Jenewa II yang telah berulang kali ditunda di tengah perselisihan antara oposisi Suriah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement