Rabu 30 Oct 2013 20:12 WIB

Bashar: Masa Depan Suriah Ditentukan Orang Suriah

Presiden Bashar Assad
Foto: AP
Presiden Bashar Assad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Suriah Bashar al-Assad, Rabu, mengatakan masa depan Suriah harus diputuskan hanya oleh rakyat Suriah, dan menyatakan penyelesaian politik harus disepakati oleh orang Suriah.

Bashar mengeluarkan pernyataan itu selama pertemuannya dengan Utusan Gabungan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi. Ia juga menegaskan keberhasilan setiap penyelesaian politik bagi krisis Suriah terletak pada dihentikannya aksi teros dan sumbernya.

Pernyataan presiden tersebut dikeluarkan saat persiapan sedang berlangsung bagi konferensi perdamaian internasional mengenai Suriah --yang direncanakan diselenggarakan di Jenewa pada November, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam.

Brahimi, yang terbang ke Suriah dua hari lalu, juga mengumandangkan pernyataan Bashar bahwa rakyat Suriah mesti memutuskan masa depan mereka tanpa tekanan dari pihak luar.

Konferensi Jenewa II, yang lama dinantikan bertujuan mempertemukan Pemerintah Suriah dan oposisi paling lambat pada akhir November guna merancang penyelesaian politik --yang dapat mengakhiri penderitaan rakyat Suriah

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement