Kamis 31 Oct 2013 18:47 WIB

Buku Pengetahuan Digital Baru Buat Siswa SMA Australia

Red:
Siswa SMA di Australia
Siswa SMA di Australia

CANBERRA -- Akademi Ilmu Pengetahuan Australia mulai mengembangkan laman internet anyar dan kurikulum interaktif online untuk siswa kelas 7 dan 10 atau siswa setingkat SMA. Laman internet tersebut berisi dengan materi visual yang interaktif dengan animasi, kartun, matreri diskusi dan rangkumannya.

Untuk siswa kelas 1 SMA (kelas tahun ke 7) termasuk bagian cara membuat mainan dengan menggunakan gravitasi yang mempengaruhi gerakan. Laman ini juga menyisipkan tips buat guru supaya bisa saling melibatkan diri dengan siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Proyek ini menghabiskan dana hingga AUD$ 8.8 juta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan membuat siswa supaya tertarik dalam penelitian dan penemuan terbaru.

Pemenang Nobel dan astronom dari Australian National University, Brian Schmidt, mengatakan mayoritas siswa SD memang memiliki rasa ingin tahu yang tak terbatas terhadap ilmu pengetahuan. Tapi minat di bidang sering memudar setelah masuk ke sekolah jenjang berikutnya.  "Masalahnya adalah kita membunuh kesenangan itu dengan membuat ilmu pengetahuan jadi sangat membosankan," tutur Profesor Schmidt.

Program ini sudah diujicoba ke 30 sekolah di Australia dalam tujuh tahun terakhir

Dari hasil evaluasi ditermukan kalau para siswa menikmatinya. Siswa SMA, Jordan Dean, menyampaikan laman buku digital membuat ilmu pengetrahuan jadi sangat menyenangkan.

“Lebih barik ketimbang menggunakan buku teks karena kamu hanya bisa membacanya saja,” ujar Dean.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement