Jumat 01 Nov 2013 06:00 WIB

Pakistan Buka Pembicaraan Damai dengan Taliban

Nawaz Sharif
Foto: AP/K.M. Chaudary
Nawaz Sharif

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, Kamis (31/10) mengatakan bahwa pemerintah telah memulai pembicaraan dengan Taliban dalam upaya menghentikan apa yang disebutnya pembunuhan warga tak berdosa dan aparat penegak hukum.

"Perdana Menteri menjelaskan bahwa dialog dengan Taliban telah dimulai," kata Komisi Tinggi (Kedubes) Pakistan di London dalam sebuah pernyataan.

"Ia menyatakan berharap dan berdoa dialog itu berjalan dalam kerangka konstitusi Pakistan," kata pernyataan itu dengan menambahkan bahwa pada waktu yang bersamaan Pakistan meningkatkan kemampuan kontra-terorismenya.

Sharif menyampaikan pernyataan itu selama pertemuan dengan Deputi Perdana Menteri Inggris, Nick Clegg. Dia juga membahas masalah hubungan Pakistan dengan India, pasar energi global serta reformasi ekonomi di negaranya.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menjadi tuan rumah pertemuan dengan Sharif dan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, di London sebelumnya pekan ini untuk membicarakan proses perdamaian di Afghanistan.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement