Jumat 01 Nov 2013 07:57 WIB

Tembakan Tank Israel Tewaskan Anggota Hamas

Tank Israel
Tank Israel

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA GAZA, WILAYAH PALESTINA -- Sebuah tembakan mortir tank Israel menewaskan seorang anggota sayap militer Hamas yang berkuasa di Gaza dan melukai lainnya pada Kamis, kata para pejabat medis dan keamanan Palestina kepada AFP.

Mereka menyebut orang yang tewas itu adalah Rabieh Barikeh dan mengatakan bahwa dia dan beberapa orang lain melakukan pengawasan terhadap pergerakan Israel di perbatasan Gaza ketika mereka diserang, di sebelah timur Khan Younis di Jalur Gaza tengah.

Para pejabat keamanan dan saksi mata mengatakan bahwa sebuah tank Israel dan buldoser lapis baja datang sekitar 100 meter (meter) di dalam Jalur Gaza.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada AFP bahwa " aktivitas pengawasan dan defensif terhadap terowongan teror saat ini sedang berlangsung."

Dia merujuk pada sebuah terowongan dari Jalur Gaza ke Israel ditemukan oleh pasukan keamanan Israel bulan lalu dan diduga dimaksudkan sebagai batu loncatan untuk serangan. Dia tidak memberikan rincian atas insiden Kamis malam.

Sayap militer Hamas Izzadine al-Qassam mengatakan bulan lalu bahwa ia menggali terowongan sebagai bagian dari rencana untuk menculik tentara Israel dan menahan mereka dalam pertukaran dengan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

"Kami sedang bekerja di atas dan di bawah tanah untuk melepaskan tahanan (yang ditahan oleh Israel)," kata juru bicara kelompok Abu Obeida pada 20 Oktober.

Pada Juni 2006 kelompok Hamas dan gerilyawan lainnya menyelinap ke Israel melalui sebuah terowongan lintas-perbatasan, menangkap prajurit Israel Gilad Shalit dan membawanya ke dalam tahanan dan kembali ke Gaza dengan cara yang sama.

Ia dibebaskan pada 18 Oktober 2011 dengan pertukaran untuk 1.027 warga Palestina yang diadakan di penjara Israel. Pertempuran dipestakan oleh Hamas sebagai "kemenangan bersejarah."

Pada Senin pesawat tempur Israel menyerang Jalur Gaza utara setelah gerilyawan menembaki lintas perbatasan.

Ini adalah serangan udara Israel pertama di Gaza dalam lebih dari dua bulan dan terjadi tak lama setelah dua roket ditembakkan ke Israel selatan.

Para saksi mata mengatakan, serangan udara menargetkan tempat latihan barat Beit Lahiya yang digunakan oleh Izzadine al-Qassam.

Hamas mengecam serangan Israel sebagai "eskalasi yang bertujuan untuk meneror ...rakyat kita," dan menambahkan bahwa itu diadakan Israel" sepenuhnya bertanggung jawab untuk setiap efek atau kerusakan."

Baik serangan udara maupun serangan roket sebelumnya di Israel selatan menyebabkan kerusakan atau korban.

Militer Israel mengatakan bahwa serangan menghantam "dua roket dengan peluncur tersembunyi" di Gaza utara.

Pada Minggu, sebuah mortir ditembakkan melintasi perbatasan namun tidak menyebabkan kerusakan atau cedera. Pada September, ada dua kasus serangan roket, namun Israel tidak menanggapi.

Serangan udara Israel Senin adalah yang pertama sejak 14 Agustus ketika pasukan angkatan udara mencapai target di daerah yang sama, juga sebagai tanggapan atas serangan roket.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement