Sabtu 02 Nov 2013 08:30 WIB

Khamenei Minta Rakyat Iran Punya Banyak Anak

Rep: Nur Aini/ Red: Endah Hapsari
Ayatollah Seyyed Ali Khamenei
Foto: AP
Ayatollah Seyyed Ali Khamenei

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, meminta rakyat Iran memiliki lebih banyak anak. Dia menilai hal itu penting untuk masa depan Iran. "Citra anak muda merupakan hal esensial dan penting untuk negara, dan negara yang menghadapi populasi tua mengatasi masalah itu dalam cara yang sulit, " ujar Khamenei dikutip Al-Arabiya.

Menurutnya, Iran perlu membuat penelitian ilmiah untuk mengatasi masalah tersebut. "Kita terus menebak bagaimana hidup jika memiliki empat atau lima anak, kita harus juga berpikir jika kita punya empat atau lima anak dan jika mereka bisa menemukan pekerjaan, mereka bisa berkontribusi untuk pembangunan negara," terangnya.

Dia mengatakan Iran setidaknya butuh 150 juta penduduk atau bahkan lebih. Dia mengkritik kebijakan pemerintah di bawah Muhammad Khatami yang menyarankan program keluarga berencana. Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad sebelumnya memperkenalkan inisiatif pemerintah yang akan membayar keluarga untuk setiap anak baru. Negara akan mendepositokan uang ke dalam akun bank anak sampai mereka berusia 18 tahun. Populasi Iran diperkirakan mencapai 79 juta jiwa pada 2013 dan setengah dari itu berusia sekitar 35 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement