Sabtu 02 Nov 2013 20:41 WIB

Kenapa Suhu Air Laut Greenland Bisa Naik 10 Kali Lipat?

Red:
Suhu air Laut Greenland naik sampai 10 kali
Suhu air Laut Greenland naik sampai 10 kali

OTTAWA -- Para peneliti kelautan akan memeriksa perubahan suhu di Samudera Arktik menyusul sebuah studi yang menemukan suhu Laut Greenland naik sepuluh kali lebih cepat ketimbang laut dibelahan dunia lainnya.

Para ilmuwan dari Alfred Wegener Institute (AWI) Jerman pernah menganalisis data suhu laut Greenland pada tahun 1950 dan 2010.

Hasilnya penelitian itu menunjukan suhu air pada kedalamanan antara dua kilometer dan dasar lautan  meningkat hingga 0,3 derajat Celsius selama 30 tahun terkakhir.

Peniliti AWI, Dr Raquel Somavilla Cabrillo, mengungkapkan kalau para penliti terkejut dengan hasil analisis tersebut.

Somavilla menyampaikan Laut Greendland mempunyai kontribusi besar terhadap naiknya permukaan air laut secara global.

Oleh karena itu, para peneliti memutuskan akan melakukan penelitian di Samudera Arktik secara mendetil untuk mengetahui bagaimana lautan lepas bereaksi terhadap perubahan iklim.

“Karena perubahan suhunya sangat cepat, lebih cepat dari rata rata samudera lainnya, untuk itu kontribusi (kenaikan permukaan air laut) lebih luas dari yang diharapkan di kawasan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, itulah alasan mengapa mereka perlu melakukan penelitian.

Somavilla juga menjelaskan kalau fokus penelitiannya terkait dengan temuan arus air hangat yang mengalir dari Samudra Arktik ke Laut Greenland.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement