Senin 04 Nov 2013 17:04 WIB

Arab Saudi Incar Miliki Kapal Selam Buatan Jerman

Kapal selam kelas diesel listrik, tipe 209 buatan Jerman
Foto: WIKIPEDIA
Kapal selam kelas diesel listrik, tipe 209 buatan Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Arab Saudi berencana membeli lima kapal selam Tipe 209 Jerman senilai 2,5 milyar euro, kata laporan harian Sunday Bild am Sonntag, Ahad (3/10).

Surat kabar itu mengatakan bahwa dalam jangka panjang, kerajaan itu tertarik untuk membeli hingga 25 kapal selam senilai 12 miliar euro.

Bild am Sonntag mengatakan, pihaknya memiliki informasi bahwa kanselir Jerman di musim panas sudah mengisyaratkan kesediaan untuk memeriksa permintaan Arab Saudi tersebut segera setelah pemerintahan baru terbentuk.

Harian itu menambahkan, juru bicara pemerintah menolak mengomentari rumor yang disebut "kemungkinan kasus-kasus individual ekspor senjata."

Kapal selam tersebut akan dibangun oleh Howaldtswerke - Deutsche Werft (HDW) dan Nordseewerke Emden, kedua perusahaan galangan kapal yang terletak di Jerman utara, masih menurut laporan tersebut.

Perusahaan ThyssenKrupp, pemilik dua galangan kapal tersebut, mengatakan ada proyek yang melibatkan kapal selam untuk Arab Saudi, namun mereka menolak untuk mengatakan apakah pembicaraan pendahuluan mengenai pemesanan tersebut telah dilaksanakan.

Penjualan senjata Jerman ke Arab Saudi adalah masalah pelik mengingat catatan suram hak asasi manusia Riyadh dan perannya dalam penumpasan brutal pro-kebebasan di Bahrain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement