Rabu 06 Nov 2013 09:08 WIB

Permudah Wisata Antarnegara, RI Dapat Pujian UN WTO

Mari Elka Pangestu
Foto: umm.ac.id
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sekjen Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UN WTO), Taleb Rifai, memuji peran aktif Pemerintah Indonesia dalam mendorong kemudahan melakukan perjalanan wisata antarnegara.

"Hal itu juga telah dilakukan Indonesia pada tataran kerja sama APEC seperti pada pertemuan 'High Level Policy Dialogue on Travel Facilitation' yang dilakukan dalam rangkaian APEC Summit di Bali bulan Oktober lalu," kata Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Ni Wayan Giri Adnyani mengutip Taleb Rifai di London, Selasa (5/11).

Pujian itu disampaika Taleb Rifai kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam pertemuan dengan para Menteri T20 yang ke-5 atau pertemuan Menteri-Menteri Pariwasata anggota G20 di London.

Selain menghadiri pertemuan para Menteri T20 itu, Menteri Mari Elka Pangestu juga menghadiri pameran pariwisata terbesar kedua di dunia setelah ITB Berlin World Tourism Mart yang berlangsung di Gedung Excel hingga 7 November.

Dalam pertemuan dengan para Menteri anggota G20 disepakati untuk melanjutkan program fasilitasi visa dan memperluas ke pendekatan yang lebih komprehensif untuk Travel Facilitation. Selain itu, ada kesepakatan untuk membuat rencana kerja dan aksi agar ada perkembangan yang terarah dan terukur.

Mari Pangestu menyatakan sebagai negara yang sangat berkepentingan dengan pembangunan kepariwisataan, hasil pertemuan para Menteri T20 di London ini sesuai dengan kebijakan pembangunan kepariwisataan Indonesia yang dijalankan saat ini. "Namun masih harus dilengkapi dengan rencana tindak yang bisa segera dapat diimplementasikan", ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement