Rabu 06 Nov 2013 18:41 WIB

Kolombia Tuduh Jet Pengebom Rusia Terobos Teritori Udaranya

Pesawat pengebom Rusia, Tupelov Tu-160
Foto: ©http://www.military-today.com
Pesawat pengebom Rusia, Tupelov Tu-160

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Kolombia menyiapkan surat protes kepada Rusia setelah dua pesawat pengebom Rusia memasuki wilayah udara negara Andea itu tanpa izin ketika terbang antara Venezuela dan Nikaragua pada pekan lalu, kata Presiden Juan Manuel Santos pada Selasa (6/11).

Santos mengatakan dua pesawat itu melintasi wilayah udara Kolombia pada Jumat ketika terbang dari Venezuela menuju Nikaragua.

Kedua pesawat tersebut memasuki wilayah Kolombia sepulangnya, tapi terbang melintas daerah itu ketika dipergoki dua pesawat militer Kfir Kolombia.

"Karena itu adalah pesawat-pesawat militer maka pemerintah mereka harus meminta izin, tetapi itu tidak dilakukannya, Kami telah minta kementerian luar negeri mengirim surat protes kepada kepada Rusia," kata Santos kepada wartawan setelah satu pertemuan pemerintah membahas masalah keamanan.

Sumber militer mengemukakan kepada Reuters pesawat-pesawat itu adalah pengebom Tupolev Tu-160 yang terbang dari kota pantai Venezuela, Maiquetta ke ibu kota Nikaragua, Managua. Sumber itu mengatakan pembom-pembom itu terbang dalam wilayah udara Kolombia di San Andrs, kepulauan Providencia di Laut Karibia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement