Rabu 06 Nov 2013 19:46 WIB

Perth Luncurkan WiFi Gratis

Red:
Wali Kota Perth Lisa Scaffidi
Wali Kota Perth Lisa Scaffidi

PERTH -- Mulai hari ini, Rabu (6/11/13), Perth menjadi ibu kota pertama dari seluruh Negara bagian Australia yang memberikan layanan internet nirkabel atau wifi gratis di kawasan pusat bisnis.

Upaya membangun system wifi ini sudah dilakukan Perth dua tahun ke belakang agar bisa memberikan akses internet secara bebas buat warganya yang menggunakan laptop, telfon genggam atau tablet.

Ini membuat Perth yang menjadi ibu kota Negara Bagian Australia Barat, selangkah lebih maju dari ibu kota negara bagian lainnya di Australia yang hanya memberikan layanan hotspot di lokasi tertentu saja.

Proyek ini menghabiskan 300 ribu dolar AUS dan membutuhkan sekitar 150 ribu dolar AUS untuk peningkatan pelayanan.

Wali Kota Perth Lisa Scaffidi berharap warganya bisa menggunakan layanan ini dengan bertanggung jawab.

Dia menepis kekhawatiran akses gratis bisa digunakan untuk oknum tertentu melakukan kegiatan kriminal, termasuk mengunduh pornografi illegal. “Mereka tidak akan mudah mngunduhnya seperti yang dikira,” jelasnya.

Scaffidi juga meyakini hal ini bisa meninggkatkan keuntungan. “Wifi gratis buat publik adalah kunci perekonomian yang bisa mendorong bisnis dan pelacong menikmati menjelajah kota mereka,” kata Scaffidi lagi.

Pemerintah kota Perth juga akan memperluas jaringan sepanjang waktu bagi daerah sekitar kota kunci lainnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement