Jumat 08 Nov 2013 06:20 WIB

Salakan Tembakan Tandai Pengangkatan Pemimpin Baru Taliban

Taliban Pakistan
Foto: AP
Taliban Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, MIRANSHAH -- Taliban Pakistan, Kamis (7/11) waktu setempat, memilih Maulana Fazlullah sebagai pemimpin baru mereka setelah pendahulunya, Hakimullah Mehsud, tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS.

Fazlullah memimpin kekerasan dua tahun Taliban di Lembah Swat, Pakistan baratlaut, pada 2007-2009 sebelum operasi militer menguasai lagi wilayah itu.

Ia mengambil alih kepemimpinan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) setelah Mehsud tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Jumat lalu.

Pengumuman pengangkatan Fazlullah itu disampaikan oleh pemimpin sementara TTP, Asmatullah Shaheen, pada jumpa pers di sebuah lokasi yang tidak disebutkan di Pakistan baratlaut.

Tembakan senapan berat dilepaskan untuk merayakan pengangkatan itu di Miranshah. Kota utama daerah suku Waziristan Utara.

Pembunuhan Mehsud pada Jumat di wilayah suku Waziristan Utara dilakukan ketika para wakil pemerintah Pakistan bersiap-siap bertemu dengan TTP untuk membahas pembukaan perundingan perdamaian.

Serangan pesawat tak berawak itu menyulut reaksi marah dari Pakistan. Menteri Dalam Negeri, Chaudhry Nisar, menuduh Washington sengaja menyabotase upaya perundingan perdamaian tersebut.

Waziristan Utara adalah salah satu dari tujuh daerah di kawasan suku semi-otonomi Pakistan dimana Taliban dan militan terkait Alqaidah memiliki pangkalan-pangkalan yang digunakan untuk merencanakan serangan di Afghanistan.

Pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih dari 5.200 orang sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement