Senin 11 Nov 2013 21:19 WIB

Beijing Kecam Komentar 'Bunuh Semua Orang di Cina' di Acara TV AS

Bendera Cina. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bendera Cina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina pada Senin (11/11) mengkritik keras pemandu acara bincang-bincang di Amerika Serikat atas pernyataan yang dilontarkan seorang anak kecil. Pernyataan kontroversial itu memicu protes masyarakat China-Amerika di AS.

Kontroversi tersebut muncul ketika pemandu acara Jimmy Kimmel menanyai seorang bocah enam tahun mengenai bagaimana cara AS membayar utang 1,3 triliun dolar kepada kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Si bocah di luar dugaan tahun menjawab "bunuh semua orang di Cina".

Kimmel, yang memandu acara bertajuk "Jimmy Kimmel Live" dalam siaran ABC merespon jawaban tersebut, "Itu ide yang bagus".

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Cina, Qin Gang mengatakan ABC harus merespon protes yang dilancarkan masyarakat Cina-Amerika.

"Penting untuk digarisbawahi bahwa menyebarkan rasisme dan kebencian bertentangan dengan tanggung jawab sosial media," katanya.

Stasiun ABC sudah menyampaikan pernyataan maaf atas insiden tersebut dan Kimmel pun dalam siaran televisi pada 28 Oktober sudah meminta maaf.

Acara yang dipandu oleh Kimmel tersebut sudah direkam sebelumnya. Menurut para kritikus, ABC seharusnya sudah memotong bagian yang menyinggung tersebut sebelum disiarkan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement