Sabtu 16 Nov 2013 13:22 WIB

Bising Saat Berlatih Piano Bisa Berujung Perkara Hukum

Bermain piano (ilustrasi)
Bermain piano (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Latihan bisa mengasah skill seseorang menuju kesempurnaan, tetapi juga bisa menimbulkan kemarahan tetangga hingga menjadi gugatan hukum. Seorang pianis untuk konser di Spanyol bagian utara, menghadapi kemungkinan masuk bui setelah latihannya membuat tetangga di lantai bawah rumahnya menghubungi pihak berwajib.

Setelah sidang tiga hari di kota Girona, jaksa penuntut umum meminta hakim pada Jumat untuk menghukum Laia Martin (27) dengan tuntutan 16 bulan penjara karena melanggar hukum tentang kebisingan.

Jaksa juga meminta tambahan hukuman empat bulan atas kerusakan kejiwaan selain itu sang pianis dilarang tampil secara profesional selama enam bulan.

Tetangga Martin, Sonia Bosom mengadu tidak bisa tidur dan mengalami serangan kepanikan karena Martin berlatih main piano selama delapan jam sehari antara tahun 2003 hingga 2007, ketika ia belajar musik di akademi.

"Klien saya hanya meminta keadilan. Dia telah menderita selama bertahun-tahun," kata pengacara Bosom, Tomas Torres, yang meminta hukuman penjara selama empat tahun -- berkurang dibandingkan permintaan hukuman tujuh tahun ketika awal sidang.

Pembela Martin mengatakan bahwa perempuan itu sudah mencoba membuat ruang kedap suara untuk tempatnya berlatih dan waktu berlatihnya juga tidak terus menerus seperti tuduhan Bosom. Orangtua Martin juga bisa diancam denda ribuan euro jika terbukti bersalah turut membantu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement