Kamis 21 Nov 2013 16:02 WIB

Tentara Prancis Terluka Terkena Ranjau

Pasukan Prancis yang berada di Mali
Foto: nbcnews
Pasukan Prancis yang berada di Mali

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO -- Tiga tentara Prancis, Rabu (20/11), terluka di Mali utara yang diduduki pemberontak saat truk mereka melindas ranjau darat. Demikian kata sumber militer.

"Sebuah kendaraan tentara Prancis dihantam oleh ledakan kemungkinan disebabkan oleh bom, sebuah ranjau saat kendaraan itu melaju pada sekitar pukul 01.00 waktu setempat Rabu. Tiga tentara Prancis terluka tetapi hidup mereka tidak dalam bahaya," kata seorang sumber keamanan Mali kepada AFP.

Insiden di kota Kidal dan penyebabnya dikonfirmasi oleh seorang pejabat senior dari Operasi Serval, intervensi militer yang dipimpin Prancis yang diluncurkan pada Januari untuk mengusir gerilyawan yang telah menduduki Mali utara.

Ia mengatakan para korban dirawat di Gao, kota terbesar di Mali utara. Ledakan itu terjadi sepekan setelah demonstran Tuareg meletakkan sampah ke bangunan publik di Kidal sebagai protes atas keputusan para pemimpin separatis untuk mengakhiri pendudukan gedung negara.

Orang-orang muda membakar bagian dari kantor gubernur dan merampok kas umum dan fasilitas pendidikan negara yang ada di dekatnya. Demikian menurut para saksi mata.

Para separatis Gerakan Nasional untuk Pembebasan Azawad (MNLA) dua pekan lalu berjanji meninggalkan kantor gubernur dan stasiun radio, sejalan dengan ketentuan perjanjian perdamaian Januari.

Kesepakatan yang ditandatangani di ibu kota Burkina Faso, Ouagadougou, membuka jalan bagi pemilihan presiden yang akan diselenggarakan di Kidal bersama dengan sebagian negara Afrika barat yang bergolak dalam dua putaran pada Juli dan Agustus.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement