Jumat 22 Nov 2013 16:17 WIB

Korsel Akan Gelontorkan 20 Juta Dolar AS ke Filipina

Topan Haiyan porak-porandakan Filipina.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Topan Haiyan porak-porandakan Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan (Korsel) akan menyediakan 20 juta dolar AS dalam bantuan hibah kepada Filipina untuk membantu upaya-upaya pemulihan negara yang dilanda topan itu.

Bantuan akan diberikan kepada sektor pembangunan kembali Filipina selama tiga tahun yang akan berakhir pada tahun 2016 melalui proyek-proyek bantuan oleh Badan Kerja sama Internasional Korea, Badan Bantuan Hibah Korea Selatan, menurut laporan Departemen Luar Negeri.

Rencana-rencana bantuan khusus akan ditentukan setelah mempelajari kebutuhan pemulihan negara itu, kata kementerian tersebut, Jumat (22/11).

Negara Asia Tenggara itu masih belum pulih setelah dilanda topan besar Haiyan, yang melanda negara itu pada awal November, menewaskan sekitar 4.000 orang di dalam dan sekitar kota Tacloban.

Tepat setelah topan menghancurkan Filipina, Seoul menjanjikan lima juta dolar dalam bantuan dan pengiriman bantuan barang yang dikirim ke negara itu. 

Sebagai bagian dari upaya lebih lanjut, kementerian juga mengatakan mereka akan mengirim tim penyelamat terdiri 45 orang ke negara itu di kemudian hari. Tim bantuan pertolongan, staf tenaga medis dan penyelamatan, akan menggantikan tim yang dikirim ke negara itu pda awal bulan ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement