Ahad 24 Nov 2013 09:50 WIB

Perwira Keamanan Era Gaddafi Tewas Ditembak

Aksi kekerasan melanda Libya.
Foto: AP/Abdul Majeed Forjani
Aksi kekerasan melanda Libya.

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Seorang mantan pegawai dinas keamanan dalam negeri Libya dibunuh oleh beberapa pria tak dikenal yang bersenjata di Kota Derna di bagian timur negeri itu pada Sabtu malam (23/11). Demikian kata seorang perwira keamanan kepada Xinhua.

''Beberapa pria tak dikenal yang bersenjata menembak Faruk Al Azaruq hingga tewas,'' ujar sumber yang tak ingin disebutkan jatidirinya itu seperti dilaporkan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Ahad pagi.

''Al Azaruq pernah menjadi pegawai dinas keamanan dalam negeri selama era rejim (Muammar) Gaddafi,'' katanya.

Ia menambahkan para penyerang menembakkan senapan mesin ke Al Azaruq di daerah Jabela di Kota Derna.

Pada Kamis (21/11), Sekretaris Dewan Tetua Derna Sheikh Fawzi Zaouki ditembak oleh beberapa pria tak dikenal yang bersenjata sewaktu ia berkendaraan pulang dari Kota Benghazi ke tempat tinggalnya. Ia belakangan meninggal di rumah sakit akibat luka tembak serius.

Derna, sekitar 1.300 kilometer di sebelah timur Ibu Kota Libya, Tripoli, dipandang sebagai tempat gerakan yang berafiliasi kepada Alqaidah di Libya. Kota tersebut dikuasai oleh milisi lokal, meskipun dewan lokal Derna menjanjikan kesetiaannya pada pemerintah nasional di Tripoli.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement